https://twitter.com/rhezafido8. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Me

Me

Ketahanan Nasional



  1. Latar Belakang
Setelah Indonesia merdeka masih banyak gejolak dan ancaman yang membahayakan kelangsungan hidup bangsa. Tetapi bangsa Indonesia bisa bertahan dalam kemerdekaannya dan kedaulatannya dari agresi militer Belanda dan mampu menegakkan wibawa pemerintahan.
Bangsa Indonesia sangat terancam kedudukannya, karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang sangat bagus. Untuk itu bangsa Indonesia harus memiliki ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional sehingga berhasil mengatasi setiap bentuk tantangan ancaman.
Oleh karena itulah segenap warga Negara Indonesia tolong menolong mengukuhkan ketahanan nasional baik dalam kehidupan sehari hari maupun di dalam jiwa masing masing untuk menghadapi segala macam tantangan serta ancaman yang menyangkut tentang keutuhan Republik Indonesia.
-          Tujuan
Yang dimaksud dengan tujuan nasional adalah suatu kegiatan yang usahanya harus dilakukan setiap saat atau terus menerus. Tujuan Nasional Bangsa Indonesia dapat kita lihat pada alenia keempat pembukaan UUD 1945. Dari sana ada 3 Tujuan Nasional Indonesia yaitu :
1.       Mempertahaankan kemerdekaan serta menghapus penajajahan
2.       Perdamaian dunia yang harus diperjuangkan
3.       Keadilan sosial yang harus didapatkan seluruh masyarakat Indonesia
Seperti dalam tujuan nasional pasti akan ada masalah yang dihadapi demikian pula pada falsafah bangsa dan idiologi negara, dapat dibaca dalam Pembukaan UUD 1945 sbb :
-          Alinea I = Merdeka adalah hak semua bangsa, penjajahan bertentangan dengan Hak Asasi Manusian (HAM).
-          Alinea II = Adanya masa depan yang harus diraih (Cita-Cita).
-          Alinea III = Bila negara ingin mencapai cita-cita maka kehidupan berbangsa dan bernegara harus mendapat ridho Tuhan (Merupakan Dorongan Spirituil)
-          Alinea IV = Mempertegas cita-cita yang harus dicapai oleh bangsa Indonesia dalam wadah NKRI.
-          Falsafah dan Ideologi Negara
Tiap negara yang ingin negaranya tetap kokoh maka setiap negara harus memiliki falsafah agar jelas kemana arah dan tujuan bangsa tersebut. Tanpa adanya falsafah di sebuah negara maka negara tersebut akan terombang ambing dalam menghadapi persoalan masing masing negara. Sebuah Ideologi juga sangat dibutuhkan dalam sebuah negara, Ideologi disini adalah sebuah ide yang menyeluruh dan mecakupi semua aspek dalam negara.

  1. Pengertian Ketahanan Nasional Indonesia
Istilah ketahanan nasional sudah dikenal diseluruh Indonesia. Ketahanan Nasional baru dikenal sejak permulaan tahun 60 an. Pada saat itu istilah itu belum diberi devenisi tertentu. Istilah ketahanan nasional pada waktu itu dipakai dalam rangka pembahasan masalah pembinaan teritorial atau masalah pertahanan keamanan pada umumnya.
Walaupun banyak instansi pemerintah maupun perorangan pada waktu itu menggunakan istilah ketahanan nasional, namun lembaga yang secara serius mempelajari dan membahas masalah ketahanan nasional adalah lembaga pertahanan nasional atau lemhanas. Sejak Lemhanas didirikan pada tahun 1965, maka masalah ketahanan nasional selalu memperoleh perhatian yang besar.
-          Asas asas ketahanan nasional
Asas ketahanan nasional adalah sebuah tata laku yang didasari nilai-nilai yang tersusun berlandaskan Pancasial, UUD 1945 dan Wawasan Nusantara. Asas-asas tersebut adalah sebagai berikut :
a)      Asas kesejahtraan dan keamanan Asas ini merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dan wajib dipenuhi bagi individu maupun masyarakat atau kelompok.
b)      Asas Mawas ke Dalam da Mawas ke LuarSistem kehidupan nasional merupakan perpaduan segenap aspek kehidupan bangsa yang saling berinteraksi.
c)       Asas kekeluargaan bersikap adil, kebersamaan,  gotong royong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
d)      Asas Komprehensif Integral atau Menyeluruh Terpadu
Sistem kehidupan nasional mencakup segenap aspek kehidupan bangsa dalam bentuk perwujudan persatuan dan perpaduan yang seimbang, serasi dan selaras   pada   seluruh   aspek   kehidupan   bermasyarakat,   berbangsa   dan bernegara.

  1. Pengaruh Aspek Ketahanan dan Keberhasilan Ketahanan Nasional
Ø  Pengaruh Ketahanan Nasional Pada Aspek Ideologi
Ideologi adalah suatu sistem nilai yang merupakan kebulatan ajaran yang memberikan motivasi. Dalam ideologi juga terkandung konsep dasar tentang kehidupan yang dicita-citakan oleh suatu bangsa. Keampuhan suatu ideologi tergantung kepada rangkaian nilai yang dikandungnya yang dapat memenuhi serta menjamin segala aspirasi hidup dan kehidupan manusia baik sebagai perseorangan maupun sebagai anggota masyarakat.
Ø  Pengaruh Ketahanan Nasional Pada Aspek Politik
Ketahanan pada aspek politik diartikan sebagai kondisi dinamik kehidupan politik bangsa yang berisi keuletan, ketangguhan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan yang datang dari dalam maupun luar.


Ø  Pengaruh Ketahanan Nasional Pada Aspek Ekonomi
Wujud ketahanan ekonomi tercermin dalam kondisi kehidupan perekonomian bangsa yang mampu memelihara stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis, menciptakan kemandirian ekonomi nasional yang berdaya saing tinggi dan mewujudkan kemakmuran rakyat yang adil dan merata.

  1. Keberhasilan ketahanan Indonesia akan tercapai bila tiap aspek dan Aspek Sosial Budaya
Untuk mewujudkan keberhasilan ketahanan sosial budaya warga negara Indonesia perlu kehidupan sosial budaya bangsa dan masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, rukun, bersatu, cinta tanah air, maju, dan sejahtera.

Sumber :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar