https://twitter.com/rhezafido8. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Me

Me

Bab 1 Metode Penelitian

BAB  I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG MASALAH
Sebuah  sistem dalam sebuah perusahaan jasa penyewaan tenda sangatlah penting, karena hampir seluruh transaksi akan dicatat pada sistem tersebut. Pada jasa penyewaan tenda Dede Putra yang berada di daerah Cimanggu kabupaten Cilacap masih sering terjadi kesalahan di dalam pemboking tenda,pembayaran, dan pencatatan transaksi. Para pegawainya masih menggunakan proses yang manual yaitu dengan menggunakan kalkulator, kalender, dan beberapa alat tulis untuk mencatat tanggal penyewaan dan jumlah tenda yang akan di sewakan.
Tentunya banyak masalah yang akan terjadi jika hal itu terus dilakukan mulai dari data yang tidak akurat,data-data yang lama bisa saja hilang karena telah terbuang, kurang efektifnya waktu yang digunakan dan bisa terjadinya pemakaian tenda pada waktu yang bersamaan. Selain itu sistem manual memerlukan banyak sekali pengerjaan harus dilakukan,mulai dari pemesanan untuk hari yang akan digunakan dan tentunya harus mengeluarkan kalender dan peralatan lainnya sebagai alat bantu. Untuk menghitung jumlah biaya yang harus dibayarkan dan menghitung jumlah uang yang akan di kembalikan kepada penyewa, dan harus ada pencatatan ulang data-data yang semula diawal jika sewaktu-waktu diperlukan. Visual Basic.Net merupakan sebuah bahasa pemrograman komputer yang menjadi sarana ( Tools ) untuk menghasilkan program – program aplikasi yang berbasis windows.
Dengan adanya VB.Net ini akan membantu masalah pada jasa penyewaan tenda Dede Putra . Maka perlu untuk membuat sebuah sistem informasi penyewaan tenda dengan VB.net sehingga para pegawai dan pelanggan bisa lebih mempersingkat waktu dan mudah digunakan. Dengan adanya aplikasi ini bisa mengurangi kesalahan yang terjadi,atau bahkan bisa menghilangkan kesalahan seperti data yang tidak akurat dan pemakaian tenda pada saat yang bersamaan serta pengembalian yang lebih efektif.
1.2  RUANG LINGKUP
Ruang lingkup penulisan ini adalah pembuatan penyewaan tenda Dede Putra meliputi perhitungan penyewaan, proses pemesanan, pemeliharaan barang, pembuatan laporan akhir dan pembayaran secara tunai.
1.3  TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah membangun sistem informasi yang bisa digunakan oleh jasa penyewaan tenda Dede Putra dengan tampilan yang mudah sehingga mudah digunakan.  Aplikasi ini ditujukan untuk pegawai penyewaan tenda  untuk mempermudah dalam proses pembuatan laporan penyewaan sehingga data yang sudah ada menjadi pasti dan akurat.
1.4  METODE PENELITIAN
Teknik waterfall terdiri dari beberapa tahap, diantaranya yaitu analisa program, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, penerapan program.
A.     Analisa Program
                         Pada tahap ini penulis melakukan analisa terhadap kebutuhan dalam suatu sistem, Langkah ini merupakan analisa terhadap kebutuhan sistem. Dalam tahap ini penulis melakukan penelitian wawancara kepada pengguna (pemilik dan pegawai jasa penyewaan tenda).
B.            Desain Sistem
                  Tahap kedua yaitu penulis mendesain sistem sebelum merancang suatu aplikasi. Pada tahap ini penulis merancang sistem diantaranya struktur data, arsitektur perangkat lunak, representasi interface.
C.              Penulisan Kode Program
           Penulisan kode program merupan penerjemahan desain ke dalam bahasa yang bisa dikenali oleh komputer. Pada penulisan ini penulis menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic.net.
D.      Pengujian Program
           Sebelum penerapan program dilakukan alangkah baiknya program aplikasi tersebut diuji terlebih dahulu, pengujian aplikasi tersebut bertujuan untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam aplikasi tersebut dan kemudian diperbaiki.
E.           Penerapan Program
                           Setelah semua tahap selesai dilakukan, aplikasi ini siap digunakan dalam sistem penyewaan tenda Dede Putra.
Selain itu untuk menginstal Microsoft Visual Basic.net Anda harus mempersiapkan perangkat keras dan perangkat lunak sebagai berikut :
Untuk perangkat keras :
  • Komputer dengan spesifikasi minimal Pentium II 450 MHz
  • Memori atau RAM yang disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan.
  • Monitor Super VGS (1024×768) atau yang lebih tinggi.
  • Hardisk minimal 10 GB.
  • Mouse
Untuk perangkat lunak :
·         Sistem operasi minimal harus menggunakan  Windows 2000,dan setelah versi windows ini semuanya akan menyesuaikan.
·         Microsoft Visual Studio 2010
1.5  SISTEMATIKA PENULISAN ILMIAH
Sistematika penulisan ilmiah yang penulis gunakan adalah sebagai berikut :
BAB I       : PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis akan membahas tentang latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan penelitian,  metode penelitian, dan sistematika penulisan .
BAB II      : LANDASAN TEORI
Dalam bab ini akan dibahas pengertian tentang software Microsoft Visual Basic.net,Winbrello,teori UML,Ms Acces 2010.
BAB III    : PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROGRAM
Pada bab ini akan dibahas tentang langkah-langkah pembuatan aplikasi dengan menggunakan Microsoft Visual Basic.net disertai dengan pembahasannya menguraikan tentang prosedur yang sedang berjalan, prosedur yang baru, UML, rancangan database, rancangan input ouput, langkah-langkah pembuatan program, dan spesifikasi hardware software.
BAB IV    : PENUTUP
Dalam bab terakhir ini penulis akan memberikan kesimpulan tentang penulisana ilmiah ini dan memberikan kesempatan bagi pembaca untuk memberikan saran sehingga penulisan ilmiah ini bisa lebih baik lagi dan bisa digunkan oleh masyarakat luas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar