https://twitter.com/rhezafido8. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Me

Me

SEMINAR Green Manufacture

Penulisan ini berdasarkan hasil seminar pada tanggal 2 April 2014 di ruang Auditorium Universitas Gunadarma Kampus D materi yang dibahasa dalam seminar adalah tentang,
Green Manufacture untuk mencapai industri yang berkelanjutan
          Green Manufacturing merupakan suatu inovasi dalam dunia industri atau dunia manufaktur dimana dengan cara meminimkan sampah atau gas buang yang dihasilkan pada saat proses produksi berlangsung hal tersebut dinamakan dengan “zero emission strategy”. Konsep dasar dari green manufacture yaitu “we borrow the earth from our descendants”. Sampah atau emisi yang dihasilkan dari hasil produksi dapat merusak ekosistem yang ada di bumi, selain itu dapat merusak kesehatan manusia, padahal kita harus menjaga bumi ini untuk kelangsungan hidup anak cucu kita nanti. Maka dengan mewujudkan hal tersebut dibuatlah gerakan baru dalam dunia manufacture yang disebut dengan green manufacture agar hasil limbah yang dihasilkan dapat diolah kembali atau dapat diatasi dalam proses pembuangannya dan hasil limbah tersebut dapat digunakan menjadi suatu hal yang berharga setelah limbah tersebut diolah, langkah pengolahan limbah ini dibuat dengan tujuan agar tidak merusak bumi baik jangka waktu secara langsung maupun jangka waktu tidak langsung.
Perusahaan manufaktur yang sudah menggunakan konsep green manufacturing memiliki kepedulian untuk menjaga bumi ini. Perusahaan yang mampu mengatasi limbah biasanya memiliki sertifikat ISO sebagai keterangan dari kebersihan dan mengatasi hasil limbah yang ada dalam perusahaan tersebut. Green manufacturing mendasarkan pada sistem produksi yang berkelanjutan (sustainable production system) dalam menghasilkan sebuah produk.
Dalam seminar ini, perusahaan indocement selaku pembicara dari pihak perusahaan memberikan suatu materi mengenai green manufacturing yang sudah diterapkan didalam PT. Indocement. PT. Indocement menerapkan konsep green manufacturing dengan cara alternative fuels and materials dalam proses inputnya. Pada saat proses pembuatan semen, emisi atau gas buang yang dihasilkan yaitu berupa debu semen di tampung kedalam suatu wadah yang kemudian disatukan kembali dengan semen yang sedang diproduksi sehingga PT. Indocement berhasil menerapkan konsep green manufacture dengan 0% emisi yang dihasilkan selama proses produksi karena limbah yang dihasilkan mampu untuk digunkan kembali sebagai bahan baku. Alternative fuels and materials yang digunakan dalam proses input atau sebagai bahan baku semen dapat berupa biomass, industrial waste, dan juga natural source.
PT. Indocement juga menjelaskan mengenai waste management hierarchy yaitu penanganan masalah sampah tergantung dengan waste volum yang ada.Membahas mengenai industrial waste terkait juga dengan limbah B3. Pengertian limbah B3 berdasarkan BAPEDAL (1995) yaitu setiap hasil bahan sisa (limbah) suatu kegiatan proses produksi yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) karena sifat (toxicityflammabilityreactivity, dan corrosivity) serta konsentrasi atau jumlahnya yang baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak lingkungan dan merusak kesehatan manusia.

Referensi tambahan:
http://hernawansn.blogspot.com/2012/06/green-manufacturing-pengurangan.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar